Jumat, 03 Juli 2015

Tanaman Ini Pemakan Lalat Dan Serangga


Tanaman itu tampak aneh karena berbentuk seperti kerang dengan dengan semacam duri yang  berderet di tepinya. Anehnya lagi, ternyata tanaman itu juga penjebak dan pemakan serangga seperti lalat, lebah, capung, jangkrik, semut dan sebagainya.



Cukup menarik menyimak cara tanaman itu menjebak dan memakan mangsanya. Pada ujung daunya mengeluarkan semacam lendir yang berbau khas dan berguna untuk menarik perhatian serangga.  


Setiap ada serangga yang berterbangan dan tubuhnya mendekati tanaman itu tepat di bagian semacam bantalan yang berwarna merah atau hijau, dalam hitungan detik bantalan itu akan segera mengatupkan kedua sisinya. 


Serangga yang ada di dalamnya pun terjebak dan tak bisa melarikan diri. Gerakan serangga yang memberontak justru semakin memperkuat daya menutupnya tanaman itu sehingga serangga itu akhirnya mati di dalamnya.



Seiring dengan proses mati dan membusuknya serangga itu artinya tanaman itu pun memperoleh asupan makanannya.



Tanaman unik itu bernama Venus Flytrap yang bernama latin  Dionea muscipula. Tanaman ini merupakan tumbuhan karnivora yang berukuran kecil dan tumbuh dengan cara merambat. 


Setiap tanaman rata-rata memiliki 4 – 7 daun yang tumbuh di setiap batang pendeknya yang berada di bawah tanah.


Karena keunikannya, tanaman ini banyak dibeli sebagai tanaman hias atau tanaman koleksi. Apalagi keberadaannya yang cukup langka dan jarang bisa ditemui di pasaran.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar