Kamis, 02 Juli 2015

Pesona Indahnya Burung Panca Warna

Burung Panca Warna itu berukuran cukup mungil. Tetapi banyak yang menyukainya karena warnanya yang indah dan suara kicaunya yang merdu. Nama Panca Warna  itu diberikan karena ada lima warna pada tubuhnya.



Sedangkan nama latin burung ini adalah Leiothrix argentauris dan nama globalnya adalah
silver eared mesia. Melihat nama spesiesnya, bisa dipastikan kalau pancawarna memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat dengan pekin robin (Leothrix lutes).



Burung ini merupakan salah satu jenis burung yang pernah populer  pada era tahun 1990-an.  Tetapi hingga saat ini, sebagian penggemar burung seperti murai batu, kacer, dan cucak hijau masih memeliharanya untuk dijadikan sebagai burung master. 

 
Sayang, burung panca warna ini tidak memiliki banyak variasi kicauan  seperti burung pekin robin. Biasanya burung ini hanya menyanyikan 2-3 jenis kicauan yang berbeda dengan cara diulang-ulang sehingga terkadang terdengar monoton. 

 
Untuk membedakan jenis kelamin burung ini cukup mudah , terutama jika burung sudah dewasa. Pada burung jantan, di bagian tunggir atau daerah yang berbatasan dengan pangkal ekor berwarna merah. Sedangkan pada betina, warna di bagian tersebut oranye.

 

Sedangkan cara membedakan jantan dan betina pada burung muda hanya dengan mendengarkan suaranya. Dan hal ini cukup susah jika tidak dilakukan oleh mereka yang sudah tahu dan berpengalaman.



Untuk makanan utama burung panca warna adalah serangga seperti jangkrik dan ulat hongkong serta  buah-buahan. Tetapi di beberapa negara, ada juga yang memberikan pakan berupa canary seed, milet, dan biji-bijian, selain makanan kering ( voer). 

 
Oya,  kita harus selalu memantu kondisi air minum dan mengganti air minumnya dengan air baru yang bersih.Hal ini karena selain burung ini senang minum dan mandi, juga agar burung ini tetap dalam keadaan bersih dan sehat.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar