Rabu, 02 September 2015

Segarnya Minuman Dari Buah Kawis


Nama Buah Kawis atau Kawista mungkin banyak yang belum tahu dan mengenalnya. Maklum , pohon Kawista juga cukup langka dan jarang dijumpai di daerah-daerah.


Pohon Kawista cukup besar dan tinggi dengan buah yang banyak dan formasi yang merata. Buah kawista memiliki bentuk bundar seperti bola tennis. Warnanya putih kehijauan dan kulitnya sangat keras sekali. Butuh senjata tajam untuk memecahkannya . 



Setiap buah cukup berat karena di dalamnya ada daging buah warna coklat dengan banyak biji.Daging buah kawis berasa cukup segar dan nikmat dan ada nuansa minuman berkarbonansinya. Karena rasanya segar mirip minuman cocacola, banyak yang menyebut buah ini Buah Cola



Di daerah Rembang - Jawa Tengah, buah bernama latin Limonia acidissima ini dijadikan oleh-oleh khas dalam bentuk sirup dengan kemasan yang menark.



Tentang buah kawis ini membawa memori saya pada waktu masih SD. Saat itu bila sudah musim buah kawista, saya dan teman-teman patungan uang untuk membeli buah ini. Berkumpul di lapangan dengan menggelar tikar, teman lainnya ada yang menyiapkan gelas dan sendok untuk mengeruk daging buah , baskom . air minum dan ada yang membeli es batu.


Ketika teman dari pasar sudah datang angsung memecahkan buah itu ke batu dan menyerahkan buah ke bagian yang mengeruk buah yang dimasukkan ke air dalam baskom yang ada esnya. Ada satu teman yang memang dibei tugas memasukkan buah kawis.



Setelah semua daging buah terkeruk, barulah antri minuman  Coca cola van Java yang segar itu. Setiap anak bisa minum sepuasnya dengan syarat sudah habis minumannya seblumnya dan antri lagi.

Ah ,sebuah memori yang mengesankan .....







Tidak ada komentar:

Posting Komentar