Selasa, 08 September 2015

Tomat Hitam Yang Berkhasiat Cegah Kanker


Selama ini tomat identik dengan buah yang berwarna kuning, oranye atau merah yang banyak ditanam oleh petani dan dijual di pasar.



Tetapi ternyata ada juga tomat yang berwarna hitam. Warna buah ini ada yang indigo hingga hitam legam pada kulit buahnya. Ukuran buahnya dan daging buahnya tak berbeda dengan jenis tomat lainnya. 



Hanya kandungan zat antosianin dan antioksidannya lebih tinggi sehingga bisa membantu mengobati dan mencegah kanker dan diabetes.



Adalah Ray Brown, seorang ilmuwan berusia 66 tahun yang rutin menjaga tomat hitam ini. Lewat penelitiannya bersama teman-temannya, buah produk anti kanker ini kemudian dikembangkan dan dijual agar bisa ditanam oleh masyarakat luas.



Tomat Indigo Rose merupakan tomat jenis baru hasil persilangan tomat merah dan tomat ungu dan bernama latin Solanum lycopersicum. Rasa daging buahnya hambar tidak sesegar tomat yang berwarna kuning, merah atau oranye.

Walau cukup langka dan jarang dijumpai, tomat hitam ini sudah beberapa yang menanamnya di perkebunan. Harganya cukup menggiurkan mencapai Rp 60.000 / kg karena masih jaangnya petani tomat hitam.



Rasanya jadi ada dua pilihan yaitu tomat sayur seperti yang biasa dikenal dan tomat hitam ini sebagai tomat kesehatan 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar