Minggu, 06 September 2015

Daun Dewa Yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan


Daun Dewa, begitulah tanaman ini biasa dikenal. Entah kenapa tanaman ini diberi nama Daun Dewa, bisa jadi karena banyaknya manfaat yang dikandungnya untuk membantu mengobati dan mencegah aneka jenis penyakit.



Daun Dewa (Gynura segetum (Lour.) Merr.) biasa ditemukan di pekarangan rumah sebagai tanaman semak-semak. Bagi yang sudah mengetahui manfaatnya memasukannya dalam tanaman obat keluarga.

Daun dewa memiliki daun berwarna hijau selebar telapak tangan. Daunnya cukup tebal dengan ditumuhi bulu-bulu halus yang merata. Bunganya bertangkai panjang dan berwarna kuning.



Bagian tanaman yang bisa digunakan untuk pengobatan adalah seluruh tanaman, dari mulai akar hingga daun. Sedangkani berbagai penyakit yang diobati seperti luka terpukul, pendarahan, batuk darah, muntah darah, mimisan, infeksi kerongkongan, tidak datang haid, digigit binatang berbisa, pembekuan darah, tulang patah dan pendarahan setelah melahirkan. 



Saya sendiri terbiasa menggunakan rebusan daun dewa ini untuk minuman suplemen. Kebiasaan ini berawal dari teman saya yang melihat kondisi tubuh saya yang sering tampak lemas dan loyo. Dia menyarankan agar saya membeli kuali kecil dari tanah liat untuk merebus 7 lembar daun dewa yang direbus dengan dua gelas air. 

Untuk merebus daun dewa itu memang sebaiknya menggunakan kuali tanah liat dan menghindari panci alumunium karena bisa menyebabkan zat-zat penting larut di aluminium.



Setelah air rebusan daun dewa itu dingin , air itulah yang saya minum 2 x sehari. Keesokan harinya sangat terasa sekali kondisi tubuh saya yang biasanya lemas dan loyo bisa jadi lebih bugar dan segar, tanpa harus membeli minuman suplemen pabrikan.

Oya, daun dewa ini sudah ada dan dikemas dalam bentuk kapsul dan dijual di toko obat atau apotik.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar