Senin, 31 Agustus 2015

Undur-undur Yang Seram Ini Mengobati Diabetes


Undur-undur adalah hewan yang tinggal dengan membuat lubang di dalam tanah. Sosoknya seram seperti monster dengan bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya. Tetapi siapa sangka jika hewan itu diyakini bisa mengobati aneka penyakit diantaranya diabetes.

 

Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok serangga dari familia Myrmeleontidae.Undur undur juga menghuni tempat-tempat teduh dan memiliki lapisan debu yang tebal. Dengan memanfaatkan debu tebal inilah undur undur menggali lubang untuk menjebak mangsanya.
 

Undur-undur ini telah dikenal di kalangan masyarakat Tiongkok untuk mengobati penyakit diabetes. Biasanya, Undur-undur tersebut dimasukkan ke dalam kapsul atau dicampurkan dengan bahan herbal lain kemudian ditelan.

Penggunaan Undur-undur untuk mengobati penyakit diabetes, dalam terminologi orang awam, hanya merupakan “pengobatan dukun” yang telah turun-temurun sejak dulu dan terbukti mujarab.


 Di-gu-niu atau Undur-undur dalam istilah bahasa Tiongkok memang telah digunakan sebagai obat diabetes di Tiongkok dan ternyata manjur. Meskipun begitu, belum ada penelitian dan pemakaian secara klinis.


Berdasarkan penelitian yang diketuai Tyas Kurniasih dari Universitas Gadjah Mada Jogjakarta berjudul Kajian Potensi Undur-Undur Darat (Myrmeleon sp) 2006, binatang ini mengandung zat sulfonylurea. 

Kerja sulfonylurea pada undur-undur adalah melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Karena, ketika insulin dalam tubuh manusia menurun sementara kadar glukosa darah meningkat, maka terjadi ketidakseimbangan. Di mana insulin sebagai penghasil energi tubuh terus berkurang. Akibatnya, tubuh mudah terserang penyakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar