Jumat, 11 September 2015

Meniran Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan


Ternyata masih ada banyak tanaman semak di sekitar kita yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Kali ini tentang Meniran yang tinggi tanamannya sekitar 10-30 cm, berdaun oval dengan formasi menyirip , merata dan ada buah kecil-kecil di balik tangkai daunnya.



Tanaman Obat Meniran (Phyllanthus niruri) sangat kaya akan berbagai kandungan kimia, antara lain: phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nirtetrali, nirurin, nirurinetin, norsecurinine, phyllanthenol, phyllnirurin, phylltetrin, quercitrin, quercetin, ricinoleic acid, rutin, salicylic acid methyl ester, garlic acid, ascorbic acid, hinokinin, hydroxy niranthin, isolintetralin, dan isoquercetin. 

Senyawa lain yang terkandung dalam Meniran adalah beta-d-xylopyranoside dan beta-sitosteroy. Senyawa lain yang baru ditemukan adalah seco-4-hidroksilintetralin, seco-isoarisiresinol trimetil eter, hidroksinirantin, dibenzilbutirolakton, nirfilin, dan neolignan. 


Akar dan daun Meniran kaya akan senyawa flavonoid, antara lain phyllanthin, hypophyllanthin, qeurcetrin, isoquercetin, astragalin, dan rutin. Minyak bijinya mengandung beberapa asam lemak seperti asam ricinoleat, asam linoleat, dan asam linolenat. 



Ada banyak khasiat yang dapat kita peroleh dari Tanaman Obat Meniran untuk kesehatan kita. Namun, bagi wanita hamil, penggunaan Meniran tidak dianjurkan karena Meniran bersifat menggugurkan kandungan. Penderita gangguan ginjal akut juga dilarang menggunakan Meniran sebagai obat. Selain itu, penggunaan Meniran dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan gangguan disfungsi ereksi dan gagal ginjal. 



Dengan penggunaan pada bagian tanaman tertentu dan dengan cara dan takaran tertentu , Meniran ini dapat bermanfaaat sebagai Antibakteri. Pelarut asam urat dan batu ginjal. Immunomodulator. Antikanker. Antidiabetes. Hepatoprotektor.Hepatitis kronis dan  Antituberkulosis.

Selain untuk obat , Meniran juga biasa dimasak sebagai sayuran yang nikmat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar