Rabu, 09 September 2015

Manfaat Kesehatan Pada Rumput Teki


Rumput Teki, adalah nama tanaman ini. Sosok tanaman ini benar-benar tanaman semak atau gulma . Banyak dijumpai di sekitar rumah kita, lapangan atau sawah. Tanamannya berdaun hijau kekcil memanjang.  Ada tangkai panjang dengan banyak bunga tak beraturan berwarna coklat muda di pucuknya.



Mungkin karena belum banyak yang tahu manfaatnya, rumput teki ini biasanya hanya disabit dan bernasib sebagai pakan ternak.

Siapa sangka ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan  karena Rumput Teki (Cyperus Rotundus L) berdasarkan sebuah penelitian, mengandung minyak atsiri, alkaloid,glikosida dan flavonoid. Minyak Atsiri yang terdapat pada umbi (rimpang) .



Beberapa jenis penyakit yang bisa diobati dan dicegah dengan rumput teki adalah :

1. Obat kencing batu.
Dalam mengobati kencing batu atau busung air, umbi rumput teki bisa digunakan. Caranya yaitu dengan menumbuk  umbi rumput ini dan kemudian diseduh dengan air panas dan diminum.

2. Mengobati keputihan
Umbi rumput teki juga berkhasiat dalam mengobati beberapa jenis penyakit termasuk keputihan, haid tidak teratur, menyembuhkan keputihan, sebagai obat penenang, melancarkan buang air besar, dan mempercepat pembekuan darah pada luka. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan umbi rumput teki.

3. Merangsang ASI
UNtuk merangsang keluaranya ASI (Air Susu Ibu) bisa menggunakan umbi rumput teki yang di tumbuk, begitu juga menghentikan pendarahan pada rahim

4. Melancarkan buang air kecil
UNtuk urusan melancarkan buang air kecil, maka umbi rumput teki, daun pegagan dan alang-alang bisa diramu sebagai obat




Untuk menyembuhkan penyakit kulit, tepung ini bisa diramu dengan sedikit air. Penyakit yang dise,buhkan adalah panu, kadas, dan luka yang belum sembuh.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar