Jumat, 21 Agustus 2015

Ceplukan, Buah Semak Untuk Obati Hipertensi



Ceplukan, begitulah tanaman semak itu lebih dikenal. Di daerah Bali dikenal dengan nama Angket atau Keceplokan., Di Makassar dinamai daun Kopo-kopo atau daun Loto-loto , di daerah Ambon dikenal dengan nama daun Boba.



Tanaman ini banyak terdapat di sekitar rumah, halaman dan pekarangan kita. Mungkin karena belum banyak yang tahu, banyak orang yang mencabut ceplukan karena dianggap semak-semak dan mengganggu. Tumbuhnya pun mudah.


Padahal Ceplukan bisa untuk menncegah dan mengobati penyakit hipertensi, diabetes milites, panas akibat amandel. Hal ini karena pada tanaman Ceplukan terdapat berbagai bahan yang berkhasiat seperti protein, minyak lemak, fisalin, tanin, alkaloid , saponin, zat samak serta gula dan zat elaidin di bijinya.

Tanaman kering ( Herba ) Ceplukan dan buah-buah segarnya banyak dijual di toko-toko obat tradisional. Sayang di Indonesia, buah ceplukan ini hanya digunakan untuk bermain pasar-pasaran dengan mengiris dan menumbuknya saja.


Padahal di negara Jerman , buah Ceplukan warna yang merah digunakan sebagai topping dan pemanis kue dan banyak dijual dijual di supermarket.


Kalau ada Ceplukan di rumahmu, rawat dengan baik dan sehat ya agar bisa membantu menjaga kesehatan keluarga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar