Sabtu, 27 Juni 2015

Nikmatnya Buah Naga Yang Berwarna Kuning

Buah naga selama ini mungkin identik dengan jenis buah yang berwarna merah atau ungu dengan daging buah berwarna putih, ungu atau hitam. Tetapi selain itu, ternyata ada varietas buah naga yang kulit buahnya berwarna kuning cerah dan biasa dikenal dengan nama Yellow Pitaya.



Buah naga jenis ini masih cukup langka di pasaran. Karena itu harganya mahal bisa mencapai Rp 100.000 per kilogram. Walaupun begitu, kebutuhan dan permintaan untuk buah naga kuning ini masih tetap tinggi.



Hal ini karena buah naga kuning yang daging buahnya berwarna putih dan ada banyak biji berukuran kecil yang berwarna hitam itu memiliki kandungan gizi yang lebih baik dan rasa yang lebih manis . Karena itu kandungan sakrosa dan fruktosa buah ini lebih tinggi dari buah naga jenis lainnya. 


Selain daging buahnya bisa dimakan langung, ada juga yang menggunakannya sebagai campuran untuk membuat es buah, puding, bubur, salad dan sebagainya .

Banyak yang keliru dan beranggapan bahwa buah naga kuning yang bernama latin Hylocereus undatusini berasal dari negara China. Tetapi sebenarnya buah ini berasal dan tumbuh dari padang pasir di Meksiko.



Tanaman ini memang sejenis kaktus yang mampu hidup di daerah kering dan tandus. Pohonnya  berbatang tebal dengan duri-duri kecil. Buah yang terlindungi oleh duri akan tumbuh menjuntai di ujung cabang .

Untuk menanam buah naga kuning ini juga lebih membutuhkan ketelatenan dan kesabaran karena masa siap panen buahnya yang lebih lama dibanding buah naga warna merah atau ungu.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar