Jumat, 03 April 2015

Ikan Unik Yang Berjalan Dengan Kaki

Binatang itu tampak unik dan berbeda. Ada dua pasang kaki di bagian bawahnya. Begitu pula dengan insang yang ada di luar tubuhnya sehingga terlihat warna dan gerakan pada insang. 


Warna tubuhnya pink yang tampak mungil , lucu dan menggemaskan. Pada kepala terdapat mata dan mulut yang entah kenapa bentuknya mirip dengan wajah bayi saat tersenyum.

 

Satwa yang bernama Axolotl (Ambystoma mexicanum) itu adalah jenis kadal salamander yang menghabiskan hidupnya dalam bentuk larva. Binatang eksotis itu juga dinamai Mexican Walking Fish atau  Ikan Berjalan Meksiko karena terlihat seperti ikan yang berjalan dengan memiliki tangan dan kaki. 


Banyak yang beranggapan bahwa satwa ini termasuk jenis ikan. Tetapi sebenarnya Axolotl tidak sejenis ikan, tetapi merupakan jenis salamander yang langka dan ditemukan di Mexico. 


Bila nyaman dalam lingkungannya, Axolotl bisa mencapai panjang 30 cm. Tetapi ukuran rata-rata hanya 15 cm. Hewan ini memiliki sepasang  insang yang berada di bagian luar tubuhnya di samping kepala. Sepintas, insang itu terlihat seperti tanduk.Karena adanya insang itu pula yang menjadikan Axolotl ini juga dikenal dengan nama ikan naga. 


Axolotl termasuk satwa yang memiliki umur panjang dan  bisa hidup sampai 10-15 tahun. Yang menarik , di pedalaman Mexico pernah ditangkap Axolotl dengan panjang mencapai 60 cm dan 1, 4 meter. Tentang hal itu, beberapa ahli mengatakan faktor gigantismelah sebagai penyebabnya dan hal itu juga jarang terjadi.




Axolotl selalu hidup di air dan makanannya berupa ikan kecil, cacing, dan larva. Hewan-hewan ini kadang muncul di permukaan air, tetapi ada juga yang tinggal  dan tumbuh di di dasar danau selama hidupnya. 


Walau tampak imut dan lucu, Axolotl ini juga  diklasifikasikan dalam spesies salamander berbahaya. Hal ini  karena satwa itu bisa mengeluarkan garam beracun dari mulutnya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar