Kamis, 09 April 2015

Bunga Berbentuk Tengkorak Yang Menyeramkan


Bunga  itu bagai memiliki dua wajah yang berbeda. Saat masih segar, bunganya tampak indah dengan aneka warnanya yang menarik. Tetapi pesonanya menjadi berubah ketika bunga itu menjadi kering.

 

Ketika kuntum-kuntum bunganya mulai layu dan mengering, ada hal yang cukup menyeramkan karena pada  pokok bunga itu tampak bentuk yang menyerupai tengkorak lengkap dengan kedua mata, hidung dan mulut yang menganga. 
 


Apalagi jika memotret dengan angle foto yang tepat, bentuk tengkorak itu seolah semakin jelas dan nyata.



Entah sebuah hal yang kebetulan saja atau tidak. Tetapi yang pasti, bunga yang mirip tengkorak itu tak hanya ada satu saja. Tetapi ada banyak bunga berwajah tengkorak lainnya yang berderet pada setiap tangkainya.


 

Bunga yang unik dan aneh itu dari jenis Snapdragon yang merupakan salah satu jenis tanaman kebun dengan nama latin Antirrhinum Majus. Di Indonesia Snapdragon lebih dikenal dengan nama  “Mulut Naga” karena saat bunganya mekar dan segar mirip dengan bentuk kepala dan mulut naga.

Tetapi bentuk naga itu berubah saat bunganya kering menjadi bentuk kepala tengkorak. Warna bunganya juga berubah menjadi coklat kehitaman, 
 

Karena keunikannya itu, pada masa lampau bunga ini dipercaya memiliki kekuatan supranatural yang bisa membuat cantik dan awet muda bagi siapa saja yang memakan bunga segarnya. Selain itu bunga ini juga dipercaya dapat melindungi dari roh jahat, kutukan dan sihir. 


Dalam penelitian modern, bunga Snapdragon mengandung zat anthocyanin yang berperan penting dalam menghambat tumor dan kanker dalam penelitian terakhir yang dilakukan oleh John Innes Centre dari Norwich - Inggris memasukkan DNA bunga snapdragon dan memadukannya dengan tomat.



Tanaman ini juga kaya akan flavonoid, dan senyawa fenol, sehingga memiliki kemampuan menyerap radikal oksigen (ORAC) melawan radikal perosokil, superoksida, hidrogen peroksida, radikal hidroksil, dan singlet oksigen. 


Dengan keindahan bentuk dan aneka warna bunga segarnya, Snapdragon ini menjadi salah satu  primadona untuk bunga hias dan bunga potong. Keadaannya tentu berbalik jika bunga ini menjadi layu dan kering.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar