Senin, 06 April 2015

Buah Pir Yang Unik dan Berbentuk Bayi

Buah Pir itu tampak unik dan berbeda. Bila buah pir umumnya berbentuk oval atau bulat lonjong, tetapi buah pir yang ini berbentuk seperti bayi. Ada pula buah lainnya berbentuk seperti seseorang yang sedang dalam posisi bermeditasi atau memberi hormat.



Buah pir yang unik itu adalah karya kreatif dari seorang petani di China bernama Hao Xianzhan. Dia sudah lama ingin mengembangkan hasil buah pir dari kebunnya di provinsi Hebei Utara sehingga bisa membantu meningkatkan harga jualnya.


Selain itu juga karena terinspirasi dari kisah dalam legenda Sun Go Kong dimana dikisahkan adanya buah  imajiner yang berbentuk bayi dan siapa saja yang memakannya akan bisa hidup abadi.


Ia lalu mulai memasangkan fiberglass berbentuk bayi dan cetakan plastik pada setiap buah pir muda selama enam bulan. Cara seperti itu biasa disebut dengan fruit mould dan bisa digunakan untuk menghasilkan buah dalam bentuk apa saja seperti yang diinginkan.



Upaya Hao itu tentu mendapat cibiran dari orang-orang di sekitarnya. Mereka ada yang menyebutnya gila, orang aneh dan apa yang dia kerjakan tidak mungkin akan membuat buah pir menjadi berbentuk bayi.  " Mereka mengatakan kepada saya untuk berhenti membuang-buang waktu dan uang", kata Hao.




Hao tidak peduli dengan cibiran itu dan terus berusaha. dan bekerja dengan cetakan yang berbeda sampai ia mendapatkan hasil yang sempurna. Berita dari panen pertama yang sukses di tahun 2009 menarik orang-orang untuk berkunjung ke kebunnya dan membeli buah pir uniknya. 
 

Buah pir yang berbentuk bayi dan orang bermeditasi dan memberi hormat itu pun laris di pasaran dan juga di supermarket. Hao berhasil menjual 18.000 buah pir berbentuk bayi budha ini pada panen pertamanya dengan harga satuannya 50 yuan ($7).



Yang menarik, saat panen pertama buah pir unik ini dan foto-fotonya beredar di dunia maya, banyak orang yang menganggapanya sebagai berita bohong atau hoax. Kalaupun ada merupakan hasil rekayasa foto dengan menggunakan bantuan komputer.


Tetapi dugaan itu terbantahkan  dengan sendirinya ketika buah-buah pir yang menakjubkan itu mulai beredar hingga diekspor ke beberapa negara di luar China.
Walau berbeda bentuk dan harganya, tetapi rasa buah pir ini tetap saja sama seperti buah pir pada umumnya. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar