Minggu, 19 April 2015

Bleeding Heart, Bunga Yang Cantik Dan Berbentuk Hati

Bunga itu tampak sangat cantik dan unik sekali. Selain bernama Bleeding Heart yang berarti Hati yang berdarah, juga karena bentuknya yang seperti bentuk hati sehingga juga dikenal dengan nama Bunga Hati . Ukurannya yang mungil dengan warnanya yang lembut semakin menambah pesona romantis dan keindahannya.


Bunga yang bernama latin Dicentra spectabilis ini juga memiliki nama lain Venus' Car, Dutchman's Trousers atau bunga Lyre. Bunga ini pertama kali ditemukan di China pada tahun 1846 oleh Robert Fotrune, seorang botanis dari Skotlandia.
.

Ukuran bunganya memiliki panjang 3-5 (1-2 inci) dan berbentuk hati. Pada kelopak luarnya berwarna merah muda dan dalamnya putih. Tetapi ada juga yang berwarna merah cerah atau putih keseluruhannya. Bunga bergantung secara horizontal hingga melengkung pada batang yang bisa menghasilkan 3 hingga 15 bunga. 


Bunga ini biasa berkembang pada bulan April atau Mei. Dengan banyaknya kuntum bunga yang mekar dan bisa bertahan hingga beberapa hari menjadikan tanaman ini senantiasa terlihat semarak.


Daunnya campuran dengan daun kecil yang tumbuh berwarna hijau sekitar 3 kaki (0,9 meter). Akarnya memiliki buah hitam dengan biji hitam dengan garis oranye. 



Bunga ini tumbuh di wilayah Asia Timur, Jepang dan Siberia.Di beberapa  negara lain mungkin juga bisa tumbuh, asalkan berada di tempat yang teduh karena bunga ini memang tidak kuat cuaca panas. 

 
Kalau pun ditanam di daerah bercuaca panas, tanahnya harus lembab. Sebaliknya, kalau di daerah di cuaca dingin, malah tahan ditimpa cahaya matahari.



Karena sepintas bentuknya seperti bunga anggrek, beberapa orang telah membudidayakan bunga ini seperti jenis Lamprocapnos spectabilis ‘Alba’ yang memiliki warna putih dan Lamprocapnos spectabilis ‘Golden Heart” yang memiliki daun berwarna emas. Bahkan ada pula bunga Bleeding Heart yang berwarna hitam.



Bunga ini jika memiliki keunikan lainnya yaitu jika posisi bunga ini dibalik dan kelopak-kelopak merah mudanya dilipat ke atas, bentuknya jadi tampak seperti telinga kelinci. 


 

Lalu, jika kelopak putih dipisahkan dari kelopak merah, bisa berbentuk seperti anting. Kemudian, jika benang sari yang berada di tengah ditarik, maka seperti sebilah pisau yang menusuk hati.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar