Sabtu, 23 Mei 2015

Sejuta Manfaat dan Khasiat Dari Buah Pare

Buah pare itu tampak buruk pada penampilannya karena ada banyak bintil yang tidak rata di permukaan kulit buahnya. 



Begitu pula dengan rasanya yang sangat pahit sekali. Tetapi siapa sangka jika ternyata ada banyak orang yang menyukai memakan buah yang berkulit hijau dan berdaging warna putih itu.



Mereka biasanya mengolah buah pare itu dalam bentuk sayuran kuah atau tumis dengan campuran irisan lauk lainnya. Ada juga yang menjadikannya sebagai minuman jus yang diambil sari buahnya. Ada cara penanganan dan pengolahan buah pare tersendiri yang bisa mengurangi kadar rasa pahit buahnya.



Banyaknya orang yang suka mengkonsumsi buah pare itu karena buah ini diyakini memiliki banyak khasiat yang terkandung dalam zat-zat di dalam buah. Di antara khasiat itu adalah bisa membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti menurunkan kadar gula darah, sebagai antioksidan alami, mengurangi gangguan pencernaan dan mengatasi beberapa masalah tentang kulit dan rambut.


Sedangkan zat yang terkandung dalam buah pare adalah Phyto Nutrien, Folat , vitamin C, Flavanoid, Vitamin B Kompleks dan serat. Walau begitu, untuk konsumsi buah pare ini tidak dianjurkan bagi mereka yang sedang hamil dan menyusui atau mereka penderita diabetes.



Pare atau Peria ini memiliki nama ilmiah Momordica charantia L. Buah ini punya banyak nama lokal yang berbeda di berbagai daerah . Di Jawa di sebut sebagai paria, pare, pare pahit, pepareh . Kalau di Sumatera dikenal dengan nama prieu, fori, pepare, kambeh, paria


Sedangkan di  Nusa Tenggara  menamainya paya, truwuk, paitap, paliak, pariak, pania, dan pepule. Untuk yang di Sulawesi dikenal dengan nama poya, pudu, pentu, paria belenggede, serta palia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar