Minggu, 12 April 2015

Redwood , Pohon Purba dan Raksasa Di Dunia

Pohon Raksasa adalah nama yang bisa diberikan untuk pohon jenis Redwood (Sequoiadendron giganteum).itu. Sesuai dengan namanya, pohon itu sangat besar dan tinggi sekali. 


Butuh belasan orang dewasa yang saling bergandengan tangan dalam posisi melingkar untuk bisa menggapai ukuran lingkar batang bawahnya.

 

Sungguh benar-benar sangat menakjubkan. Belum lagi ketika menengadahkan kepala memandang pucuk pohon itu yang jauh di ketinggian.Ada banyak pertanyaan seperti berapa meter tinggi pohon itu dan sudah berapa ratus tahun usianya ? 


Kenapa dan bagaimana bisa pohon itu bisa tumbuh dan berkembang menjadi pohon raksasa dan itu tidak hanya terjadi pada satu atau dua batang pohon saja? Tetapi ada cukup banyak pohon raksasa di sana.



Pohon purba yang unik  itu berada di kawasan The Redwood National and State Parks yang terletak di pesisir pantai Pasifik sebelah utara negara bagian California, Amerika. Di kawasan hutan ini  melestarikan semua jenis pohon redwoods yang tersisa dengan total area sekitar 38.982 hektar (157,75 km2).


Pohon Redwoods termasuk dalam kelompok pohon cemara Cupressaceae. Pohon yang berdaun hijau sepanjang tahun itu diperkirakan bisa tumbuh sampai ribuan tahun. 


Pohon jenis ini termasuk pohun terbesar dan tertinggi di Dunia, dengan ketinggian bisa mencapai hingga 115,5 meter dari atas tanah (tanpa akar) dan diameter hingga 7.9 meter. Pohon-pohon ini juga termasuk di antara jenis makhluk hidup tertua di Bumi dan paling cepat tumbuhnya.


Sejarah tentang pohon Redwood ini bermula ketika seorang Spanyol pada tahun 1769 menemukan sosok raksasa Redwood tersebut untuk yang pertama kali. Sekitar  30 tahun kemudian, Seth, orang Skotlandia berusaha mengumpulkan spesimen buah, daun ranting dan benih, dan mengenalkan tumbuhan ini kepada dunia. 


Pada tahun1847, seorang ahli botani dari  Austria dengan menggunakan nama kepala suku orang Indian Amerika Utara  memberi  nama genus Redwood pada pohon itu yang kemudian menjadikannya terkenal sebagai pohon raksasa di dunia.








2 komentar: