Minggu, 17 Mei 2015

Parfum Alami Yang Unik dari Buah Kepel

Kepel adalah nama buah itu karena ukuran buahnya yang sekepalan orang dewasa. Buah yang  berwarna coklat ini  di daerah lainnya dikenal dengan nama Burahol, kecindul, cindul, simpol, burahol, dan turalak. Dalam bahasa Inggris tumbuhan langka ini dikela sebagai Kepel Apple. Sedangkan nama latinnya adalah Stelechocarpus burahol.


Buah ini cukup menarik karena buahnya sangat banyak sekali pada saat musimnya. Buah itu bergerombol pada batang , dahan dan ranting pohon. Satu gerombolan buah bisa terdiri dari belasan hingga puluhan buah.


Konon, buah ini pada masa lampau merupakan tanaman ekslusif yang hanya boleh ditanam di lingkungan keraton di Yogyakarta , Solo dan Surakarta saja. Hanya mereka para keturunan bangsawan yang bisa menanamnya karena buah ini bisa menjadi parfum alami dengan memakan daging buahnya yang manis dan berbau wangi. Keringat dan air seni pun juga berbau wangi.



Ada pula anggapan bahwa buah ini bisa menjadi kontrasepsi untuk mencegah kehamilan karena konon bisa menyebabkan kemandulan sementara. 



Kini  buah Kepel adalah buah yang cukup langka. Mungkin di daerah lainnya buah ini bisa dengan mudah dijumpai. Tetapi di daerah lainnya seperti daerah saya di Tuban, tak ada sebatang pohon kepel pun bisa dijumpai.



Saya sendiri menjumpai pohon kepel ini di halaman Ndalem Gebang sebagai rumah kediaman Bung Karno di Blitar dan di halaman Museum Diponegoro di Yogyakarta. Sayang, saat itu pohonnya sedang dalam tahap berbunga yang tampak memenuhi batang pohonnya.

 

Buah kepel berdaging lunak dan berwarna jingga. Ada biji berwarna hitam yang cukup besar di dalamnya. Sedangkan pohonnya mempunyai tinggi hingga 25 m dengan diameter batang mencapai 40 cm. 
 
Pada kulit batangnya terdapat benjolan-benjolan. Benjolan-benjolan ini merupakan bekas tempat bunga dan buah karena bunga dan buah kepel memang muncul di batang pohon bukannya di pucuk ranting atau dahan. 


Senyawa Kimia yang terdapat dalam buah kepel ini diantaranya Saponin, flavonoid, polifenol alkaloid. Karena itu buah ini berkhasiat untuk Obat radang ginjal, asam urat, dan peluruh air seni ( diuretika ).

  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar