Rabu, 27 Mei 2015

Mitos Ayam Cemani Yang Berwarna Serba Hitam

Ada banyak jenis ayam di dunia. Setiap ayam memiliki ciri dan keindahan tersendiri.Tetapi untuk ayam jenis Cemani ini benar-benar tampak unik dan berbeda. 


Semua bagian tubuh ayam ini berwarna hitam legam mulai bagian luar seperti ,kepala, jengger, pial, paruh, bola mata rongga mulut, lidah, pelatuk, bulu, sayap, ketiak,  kaki,dan cakar. bulu , kulit dan sebagainya. 


Begitu pula dengan bagian dalam torgan tubuhnya juga berwarna hitam. Bahkan, ayam ini juga memiliki daging, tulang dan darah yang berwarna hitam. Ayam cemani cukup langka dijumpai. Kalaupun ada dan benar-benar ayam jenis Cemani yang murni, harganya konon bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah per ekor.



Sedangkan dari sejarahnya ayam ini diyakini merupakan  ayam jenis kedu hitam, yang banyak dipelihara oleh warga di Kahuripan desa Kedu pada masa  Kerajaan Majapahit abad ke 19.


Dengan keunikan warna tubuhnya yang serba hitam, ayam ini dipercaya memiliki mitos dan tuah tertentu bagi yang mempercayainya. Diantara mitos dan tuah itu adalah sebagai ayam pembawa hoki atau keberuntungan bagi yang memeliharanya dan untuk persyaratan / tumbal sesembahan dalam prosesi ritual gaib.



Aneka prosesi ritual gaib itu seperti penggalian harta karun , pengobatan, ruwat bangunan rumah, pabrik, gedung, pembangunan proyek, pemindahan makhluk gaib dan hal serupa lainnya.


Selain itu Ayam Cemani biasa juga di gunakan untuk ritual sedekah bumi, laut, gunung/kawah, ritual memandikan benda pusaka, ruwat buang sial, sulit jodoh, pemikat bagi lawan jenis dan sebagainya.


Menurut paranormal Ki Joko Bodo , ayam Cemani ini nilai mistis dan daya dagis yang sangat kuat karena daging, tulang, serta darah-nya yang berwarna hitam  itu sangat disukai oleh makhluk gaib seperti jin, iblis, dedemit dan sebagainya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar